5 Pola Makan Salah Gagalkan Diet Anda

Friday, 27 May 2011

5 Pola Makan Salah Gagalkan Diet Anda

Menjalani program diet memanglah tidak mudah, karena banyak hal yang mampu menggagalkan usaha yang tengah anda jalani tersebut. Salah satu penyebab utamanya yakni adanya keinginan makan berlebih yang anda rasakan.

Diet yang salah bisa disebabkan dari pola makan yang salah. Pola makan seperti apakah, yang malah membuat makan Anda menjadi tidak terkontrol? Seperti dilansir dari Memsaab, berikut lima pola makan yang salah.

Kelaparan
Makan ketika kelaparan tidak dianjurkan oleh para ahli gizi. Mereka menyarankan untuk makan sebelum lapar. Makan dikarenakan sangat lapar itulah, yang justru memicu makan berlebih. Dalam situasi ini, orang cenderung makan jauh lebih banyak melebihi batas perut. Inilah alasan mengapa diet terlalu ketat tidak dianjurkan, yang malah berujung pada kegemukan.

Gampang meraih makanan
Jika camilan Anda taruh begitu saja di atas meja, maka seluruh makanan tersebut dapat habis dalam sekejap. Perhatikan, jika Anda menyimpan makanan yang cukup banyak dalam laci dan tidak terlihat, makanan akan lebih lama habisnya. Jadi, pastikan Anda tidak menaruh makanan yang dapat dengan mudah terjangkau.

Makan dengan piring besar
Jika Anda makan dalam piring besar, kemungkinan Anda akan mengambil makanan dalam porsi besar. Tumpukkan makanan yang ada dalam piring, pasti akan dihabiskan oleh Anda. Sebenarnya ini hanya ilusi mata. Jika Anda makan dengan piring kecil, Anda juga akan merasakan kenyang, karena Anda akan menghabiskan makanan secara perlahan.

Makan dengan Cepat
Makan dengan perlahan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dibanding Anda makan dengan cepat. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian. Diungkapkan bahwa saat makan perlahan, otak punya waktu lebih banyak untuk menghantarkan rasa kenyang dan menyuruh Anda berhenti makan.

Agar dapat terkontrol, kunyahlah makanan sebanyak 15 sampai 20 kali. Dan berhenti sebentar sebelum menyuap makanan lagi.

Makan sambil beraktivitas
Makan sambil melakukan aktivitas membuat Anda tidak fokus dengan makanan yang tersaji. Sehingga tanpa sadar Anda terus melahapnya. Maka dari itu, hindarilah makan, terutama makan camilan sambil menonton TV, bekerja di depan komputer atau membaca buku. (wolipopcom)

Share :
Facebook Twitter Google+

Followers

 
Back To Top