Pengen

Saturday, 14 May 2011

Pengen




Aduh,,,,dah lama2 sekali dan sudah banyak sekali usaha yang aku buat tetapi gak tau ada hasilnya gak yaaa... aku sendiri blooom pernah nyoba tuk menimbang intinya berusaha terus sampai berhasil....... ah dah sekitar 2minggu ini aku menjalankan program penurunan BB sekarang aku mw nyoba dulu ah program penurunan BB dgn diet SOUTH BEACH....... yah akusering search2 gitu ke google...... yah ini yang aku dapat semoga bisa membantu aku lebih menuju keberhasilan:

South Beach Diet merupakan topik yang sering dibahas di berbagai majalah. Pola makan ini terbukti ampuh menurunkan berat badan antara 4-7 kg dalam dua minggu pertama. Dalam edisi bahasa Indonesia terbitan VitaHealth ini, konsep South Beach Diet dari Dr. Arthur Agatston dijelaskan secara gamblang disertai dengan jenis-jenis bahan makanan serta resep-resep menu yang lebih sesuai dengan budaya kuliner di Indonesia.
Pola makan South Beach bukanlah jenis diet rendah karbohidrat atau rendah lemak. South Beach Diet mengajarkan kita mengenal dan memilih karbohidrat dan lemak yang benar. Dengan pola makan South Beach, kita akan mampu merencanakan menu-menu terbaik untuk melakukan penurunan berat badan dalam jangka pendek, mempertahankannya dalam jangka panjang, dan mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal. South Beach Diet terdiri dari tiga fase yaitu:

Fase 1 : Berlangsung 14 hari. Merupakan fase yang paling ketat namun berat badan akan turun sebanyak 4 - 7 kg dalam keadaan tubuh tetap segar dan sehat.

Fase 2 : Tidak dibatasi waktu. Setelah berat Anda stabil, artinya tidak mengalami penurunan lagi, Anda boleh masuk ke Fase 3. Dalam fase 2 ini, pengaturan makan agak lebih longgar dan berat akan turun sekitar 0.5 – 1 kg setiap minggunya.

Fase 3 : Akan dijalani seumur hidup karena demikianlah pola makan Anda seterusnya. Tidak ada pantangan dalam fase terakhir ini, asalkan Anda makan dalam porsi normal tidak berlebihan. Namun begitu berat badan naik sebanyak 1 kg, Anda dianjurkan untuk kembali ke Fase 1.


FASE 1

Fase ini bertujuan menghentikan kecanduan akan camilan manis dan camilan karbohidrat, meningkatkan fungsi tubuh dalam memproses gula dan pati, memperbaiki kadar gula darah, produksi insulin, dan kadar kolesterol darah.

Aturan main:
  1. Protein hewani rendah lemak: has dalam (tenderloin) atau has luar (sirloin) tanpa lemak, gandik, dada atau paha ayam tanpa kulit, semua jenis ikan dan hidangan laut.
  2. Hindari protein hewani olahan: corned beef, sosis, bakso, chicken nugget, ikan kaleng, ikan asin, telur asin
  3. Protein nabati yang masih boleh dikonsumsi: tahu, tempe, susu kedelai, kacang-kacangan (yang kering/rebus, kacang merah, kacang tolo, kacang kedelai), tetapi dibatasi karena mengandung karbohidrat lumayan tinggi.
  4. Karbohidrat yang harus dihindari: nasi, mi, pasta, roti, keripik, sereal, havermut, singkong, ubi, talas.
  5. Semua jenis buah dan jus buah dilarang dikonsumsi kecuali tomat dan jeruk nipis
  6. Juga susu dan produk susu (keju, es krim)
  7. Minyak goreng: minyak jagung, minyak kedelai, minyak kanola, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan minyak wijen. Hanya satu sendok makan sehari.
  8. Hampir semua jenis sayuran boleh dikonsumsi, kecuali yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti wortel, jagung muda, jagung manis, kentang, nangka muda, dan labu kuning.
  9. Semua bumbu boleh digunakan kecuali yang instant seperti kecap, saus botolan, terasi, vetsin.
FASE 2

Bertujuan memperbaiki kadar kolesterol darah dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Selain itu, tubuh akan mampu memproses karbohidrat dengan baik selama yang disantap karbohidrat baik dan dalam takaran tidak berlebihan. Makanan yang diperbolehkan dikonsumsi dalam Fase 2 sama dengan dalam Fase 1 ditambah karbohidrat, buah, dan susu.

Tambahan makanan yang diperbolehkan:
  1. Menyantap karbohidrat, tetapi karbohidrat baik seperti nasi beras merah, nasi beras tumbuk, roti atau pasta gandum berkulit ari (whole wheat), havermut kasar (bukan yang instant!). Kentang diperbolehkan asalkan dibakar atau dipanggang.
  2. Buah yang mempunyai indeks glikemik rendah sampai sedang (apel, anggur, pepaya, jeruk, jambu, duku, salak, belimbing, dan mangga) dalam porsi terbatas tiga kali sehari. Buah dengan indeks glikemik tinggi (pisang, nanas, semangka, manisan buah kering, buah kalengan, kurma, prune) sangat tidak disarankan. Begitu juga madu dan selai.
  3. Susu dan produk susu rendah lemak tanpa gula, tanpa pewarna, tanpa esens.
FASE 3

Bermanfaat mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Makan normal dalam porsi yang normal, dengan batasan pilihan bahan makanan sesuai aturan South Beach Diet. Pola makan dalam fase ini akan mempertahankan berat badan yang dengan susah payah sudah Anda capai, bila dilaksanakan terus-menerus akanemnjadi bagian gaya hidup.


Aturan baku South Beach Diet harus tetap dipertahankan:
  1. menggunakan minyak sehat
  2. mengkonsumsi karbohidrat baik
  3. mengkonsumsi lemak baik
  4. memilih bahan makanan berserat tinggi
  5. menggunakan gula alami (fruktosa, stevia)
  6. mengkonsumsi buah dan sayur yang mempunyai indeks glikemik rendah sampai sedang
  7. makan buah dan jus buah tidak pada saat menyantap makanan utama
  8. jangan menyantap makanan olahan atau instant
Share :
Facebook Twitter Google+

Followers

 
Back To Top