Topik Artike Manajemen Pemasaran 6
Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan
Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor
Fandi Ahmad Munadi
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
ABSTRAKSI
CV Turangga Mas Motor mempunyai suatu masalah dengan terjadinya
penurunan tingkat penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pemasaran yang dapat dilakukan CV Turangga Mas Motor berdasarkan matrik
BCG dan analisis SWOT yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan.
Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan CV Turangga Mas
Motor tahun 2007-2008 yang dibandingkan dengan laporan penjualan pesaing,
yaitu PT Bajaj Andalan Sakti untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan
pangsa pasar. Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis yang menjadi
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CV Turangga Mas Motor
dibandingkan PT Bajaj Andalan Sakti.
Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat pertumbuhan
pasar CV Turangga Mas Motor sebesar 21% dan pangsa pasarnya sebesar 1.60,
sehingga berada dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan
adalah dengan melakukan investasi dengan membuka cabang CV Turangga Mas
Motor di lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi
yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat. Dari analisis
SWOT diketahui strategi SO yang dapat digunakan adalah membuka lokasi baru,
dan memberikan potongan penjualan yang lebih besar jika konsumen melakukan
pembelian ulang. Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan memberikan
bonus secara intensif kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai dan
menambah tenaga pemasaran. Strategi ST yang dapat digunakan adalah dengan
terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan dengan membangun gudang
tempat penyimpanan motor-motor suzuki yang siap dijual. Strategi WT yang
dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi
dan dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien, agar dapat
menghemat pengeluaran biayanya.
Kata Kunci : Pemasaran, Matrik BCG, Analisis SWOT, Meningkatkan Penjualan