Topik Artikel Manajemen Pemasaran 3
ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI
PEMASARAN SEPEDA MOTOR PADA
PT. SAMEKARINDO INDAH DI SAMARINDA
Nur Afrillita T.1
Abstrak
Nur Afrillita T., 2013. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi
Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda
dibawah bimbingan Ibu Prof.Dr.Hj.Nur Fitriyah, M.Si sebagai pembimbing I
dan bapak Ir. Noercahyono, MM sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan
kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman
(lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran sepeda motor
yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan
Threats) pada PT. Samekarindo Indah Samarinda.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada PT. Samekarindo Indah
adalah dengan menggunakan alat analisis SWOT, maka PT. Samekarindo
Indah dapat menggunakan alternatif strategi-strategi berikut :
a. Strategi Strength – Opportunities
1) Pertahankan dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan purna
jual
3) Mengadakan kegiatan eksibisi
b. Strategi Weaknesses – Opportunities
1) Promosi yang terarah
2) Promosi yang lebih gencar dengan mengadakan, mengikuti atau
sebagai sponsor di berbagai event, promosi melalui media cetak dan
media jejaring sosial.
3) Menambah sub dealer
c. Strategi Strenght – Threats
1) Mengembangkan daya saing
2) Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan
d. Strategi Weaknesses – Threats
1) Memperluas area promosi dengan membuka outlet – outlet untuk
memperluas jaringan penjualan
2) Menambah variasi penjualan dealer seperti menjual aksesoris motor
yang sedang trend di masyarakat
3) Memberikan diskon harga spare partbagi konsumen yang loyal
Analisis SWOT Pada PT. Samekarindo Indah – Nur Afrillita T
57
Kata Kunci : Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran
PEMASARAN SEPEDA MOTOR PADA
PT. SAMEKARINDO INDAH DI SAMARINDA
Nur Afrillita T.1
Abstrak
Nur Afrillita T., 2013. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi
Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda
dibawah bimbingan Ibu Prof.Dr.Hj.Nur Fitriyah, M.Si sebagai pembimbing I
dan bapak Ir. Noercahyono, MM sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan
kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman
(lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran sepeda motor
yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan
Threats) pada PT. Samekarindo Indah Samarinda.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada PT. Samekarindo Indah
adalah dengan menggunakan alat analisis SWOT, maka PT. Samekarindo
Indah dapat menggunakan alternatif strategi-strategi berikut :
a. Strategi Strength – Opportunities
1) Pertahankan dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan purna
jual
2) Pengembangan pasar menengah kebawah
3) Mengadakan kegiatan eksibisi
b. Strategi Weaknesses – Opportunities
1) Promosi yang terarah
2) Promosi yang lebih gencar dengan mengadakan, mengikuti atau
sebagai sponsor di berbagai event, promosi melalui media cetak dan
media jejaring sosial.
3) Menambah sub dealer
c. Strategi Strenght – Threats
1) Mengembangkan daya saing
2) Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan
d. Strategi Weaknesses – Threats
1) Memperluas area promosi dengan membuka outlet – outlet untuk
memperluas jaringan penjualan
2) Menambah variasi penjualan dealer seperti menjual aksesoris motor
yang sedang trend di masyarakat
3) Memberikan diskon harga spare partbagi konsumen yang loyal
Analisis SWOT Pada PT. Samekarindo Indah – Nur Afrillita T
57
Kata Kunci : Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran