Topik Artikel Manajemen Pemasaran 5
Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan
Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran)
Rina Rachmawati
Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, FT, Universitas Negeri Semarang
Tjp_unnes@yahoo.com
Abstrak: Dari waktu kewaktu bisnis dibidang makanan mempunyai kecenderungan terus
meningkat. Permintaan pangan yang terus meningkat karena merupakan kebutuhan dasar
manusia berimbas terhadap peningkatan penawaran makanan. Hal ini sesuai dengan hukum
permintaan dan penawaran (supply and demand law). Terdapat bermacam-macam bisnis
makanan, antara lain adalah bisnis restoran dan bisnis popular catering (cafe, coffe shop, toko roti/ bakery dan steak house). Dalam bidang pemasaran, kondisi paling sulit adalah mempertahankan
konsumen untuk selalu menggunakan produk dari penjual, atau sering disebut dengan loyalitas
pelanggan.
Untuk mampu menciptakan loyalitas pelanggan tersebut, para pengusaha perlu memiliki suatu
strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasaran
yang mampu mendukung dalam memasarkan produk makanan untuk menciptakan loyalitas
konsumen adalah penggunaan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product,
price, promotion, dan physical evidence atau place. Jika konsumen mendapatkan kepuasan
terhadap produk yang dijual, maka mereka akan loyal. Jika terwujud loyalitas pelanggan, maka
akan berimbas terhadap peningkatan penjualan.
Kata kunci : bisnis makanan, marketing mix, penjualan