Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Topik Artikel Manajemen Pemasaran 10

STRATEGI MARKETING WISATA WEDDING SEBAGAI DESTINASI ALTERNATIF

by Deden Acep Saefulloh (1) Gede Sri Darma (2) Undiknas Graduate School Jl. Waturenggong No.164 Denpasar, Bali

dedenkungs@gmail.com (1) sridarma@undiknas.ac.id (2)

ABSTRACT

This study aims to determine the marketing strategy applied to create a wedding tourism as an alternative destination in Bali, which some facts that must be considered to create a wedding tourism as an alternative destination in Bali. This research is taking place on the island of Bali.

This research is using a qualitative descriptive study that analyzed the data processing to describe and explain the circumstances in order to obtain a conclusion about the existing situation and the impact of marketing strategies that runs in creating a wedding tourism as an alternative destination in Bali.
This research was carried out on 5 informants wedding who already running their business for more than 5 years. The conclusions of this study are: (1) It is difficult to find of human resources which has reliable and professional capabilities due to wedding businesses require specialized knowledge while in Bali is less of institutions or special schools to learn about wedding science. (2) There is still a lack of knowledge of the government about wedding tourism in Bali, incomplete information and less attractive website about the wedding which available on www.disparda.baliprov.go.id so that was minimal information that obtained by website visitors about wedding in Bali, and the lack of promotion by the Government relating to the wedding tourism in Bali, including lack of wedding exhibition.

Marketing strategy on wedding tourism obtained by observation and analysis using the SWOT analysis in order to see the strengths and weaknesses to determine a marketing strategies in the future.

Keywords: Tourism, Wedding, Wedding Tourism, Bali Wedding, Marketing Strategies, SWOT Analysis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang diterapkan untuk menjadikan wisata wedding sebagai destinasi alternatif di Bali dan faktor - faktor yang harus diperhatikan untuk menjadikan wisata wedding sebagai destinasi alternatif di Bali. Peneliatian ini mengambil lokasi di Pulau Bali.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis pengolahan data dengan menjabarkan dan menjelaskan suatu keadaan sehingga diperoleh suatu kesimpulan mengenai keadaan yang ada dan dampak dari strategi marketing yang dijalankan di dalam menjadikan wisata wedding sebagai destinasi alternatif di Bali.

Penelitian ini dilakukan terhadap 5 informan pelaku usaha wedding di Bali yang sudah menjalankan usahanya lebih dari 5 tahun. Kesimpulan penelitian ini ialah: (1) Masih susahnya mencari sumber daya manusia yang handal dan professional disebabkan usaha wedding ini memerlukan pengetahuan khusus, sedangkan di Bali belum adanya lembaga atau sekolah yang khusus mempelajari tentang keilmuan wedding. (2) Masih minimnya pengetahuan pemerintah prihal wisata wedding di Bali, ditambah lagi informasi yang tersedia tentang wisata wedding pada website www.disparda.baliprov.go.id sangat tidak lengkap dan kurang menarik sehingga informasi yang diperoleh oleh pengunjung website tentang wisata wedding di Bali sangat minim, serta minimnya promosi yang dilakukan oleh Pemerintah yang berkaitan dengan wisata wedding di Bali, termasuk masih minimnya penyelenggaraan pameran pernikahan atau wedding expo.

Strategi pemasaran pada wisata wedding diperoleh dengan melakukan observasi dan analisa menggunakan analisa SWOT sehingga dapat dilihat kekuatan dan kelemahan yang ada untuk menentukan startegi – strategi marketing yang akan datang.

Kata Kunci: Wisata, Wedding, Wisata Wedding, Strategi Marketing dan Analisis SWOT

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, T., and Tantri, F. (2013). Manajemen Pemasaran, Cetakan kedua. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kesembilan. Bandung:
Alfabeta.
Bungin. (2011). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial
lainya, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Darma, G.S. (2012). 100 Konsultasi Praktis Strategi Bisnis. Denpasar: Undiknas Press
Darma, G. S. (2006). Manajemen Strategi: Solusi dalam Dunia Nir Kabel. Denpasar: Undiknas
Press.
Darma, G.S. (2005). 88 Konsultasi Praktis Marketing Strategi. Denpasar: Undiknas Press.
Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Bali, Bali sebagai tujuan Wisata.
(http://www.disparda.baliprov.go.id, (diakses pada 20 Agustus 2013).
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus Kasus Pilihan, Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS
(Center for academic publishing service).
Kotler, P., and Kevin, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. PT. Macan Jaya
Cermelang.
Lubis, A.N. (2004). Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis, Jurnal Program Studi Ilmu
Manajemen, Universitas Sumatera Utara.
Londre, L.S. (2009). Marketing, IMC, Advertising, Promotion, Media and More. Diambil dari
http://www.LondreMarketing.com/documents/LondreMarketingConsulting-NinePs.pdf.
Martini, D.M.A. (2012). Perpaduan Strategi Multilevel Marketing dan Digital Marketing
untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Tesis, Program Studi Magister Manajemen
Program Pasca Sarjana Undiknas Denpasar.
Remiasa. (2005). Perencanaan Strategis Pemasaran untuk Menciptakan Sustainable
Competitive Advantage (Kasus pada Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra Di
Surabaya), Jurnal Manajemen Perhotelan, 1(1).
Reuters.com. (2009). Destination weddings see growth despite recession,
(http://www.reuters.com, diakses pada 20 April 2013).
Setowati, B. (2007). Analisis Strategi Bauran Pemasaran pada Perusahaan Jasa Freight
Forwarding: Rencana, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan yang mempengaruhi
Kinerja Pemasaran. Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana
Universitas Diponegoro, Semarang.
Silviana. (2012). Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix (Studi Kasus pada PT. Batik
Danar Hadi), Jurnal Widya Teknika, (20)1.
Sugiarto, K. (2010), Aplikasi wedding planner berbasis web (Studi kasus: griya leksono ayu).
Skripsi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan
Nasional ”Veteran” Jawab Timur, Surabaya.
Sukotjo, H., and Sumanto R.A. Analisis Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place,
Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk
Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2).
Sunyoto, D. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, strategi, dan Kasus,
Cetakan kedua. Yogyakarta: CAPS.
Syahputra, F.S., and Fivi, R. S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Meningkatkan Daya Saing
Pada Perusahaan Susi Air di Medan, Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(2).
Undang-undang No.1 Tahun 1974. Tentang Perkawinan.
Tjiptono, F., and Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi Kedua. CV. Yogyakarta:
Andi Offset.
Usmiar. (2012). Strategi Pemasaran Produk Sulaman untuk Mencapai Target Penjualan pada
Sulaman Indah Ayang Bordir Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Menara Ilmu, IV(32).
Weddingku, Daftar Legal Wedding Organizer di Bali Tahun 2012 dan Jumlah rata-rata
permintaan Wedding per bulan tahun 2012, (http://www.weddingku.com, diakses pada 15
April 2013).
Widyaningrung, D. E. (2012). Startegi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo, Tesis,
Fakultas Ekonomi Program Studi Magister Manajemen Universitas Indonesia.
Wikipedia, Pengertian Wisata, (http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata, diakses pada 15 April
2013).
Wikipedia, Wedding, (https://en.wikipedia.org/wiki/Wedding, diakses pada 20 April 2013).
Wikipedia, Bali, (https://id.wikipedia.org/wiki/Bali, diakses pada 20 Agustus 2013).
Wedding Guide Asia, Pilihan Destinasi Wisata Wedding di Bali,
(https://www.weddingguide.asia.com, diakses pada 20 Agustus 2013).
Yudha, C.P. (2011). Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Produk Kredit
Kepemilikan Rumah (KPR) PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Denpasar, Tesis, Program
Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Undiknas Denpasar.
Yonathan, M. and Misbahuddin, A. (2013). Peranan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota
Batu Dalam Kegiatan Promosi Pariwisata Kota Batu, Jurnal, Fakultas Ekonomi Jurusan
Manajemen Universitas Brawijaya Malang.
 (2013), Media Iklan & Bisnis Bali Promosi, edisi 4 Oktober – 10 Oktober 2013.